SOSOK DIBALIK KESUKSESAN COMPASS

Nama Aji Handoko Purbo, mungkin tidak lagi asing untuk para pencinta sneakers lokal. Pria yang memang sudah menggemari sepatu dari kecil ini adalah sosok yang menjadikan Sepatu Compass sebagai salah satu brand terkemuka di skena sneakers lokal sekarang ini.

Sepatu Compass awalnya didirikan tahun 1998 oleh Gunawan Kahar. Namun ternyata sejalan waktu sepatu asal Bandung ini kurang populer dan sempat hampir gulung tikar. Pada tahun 2017, Gunawan Kahar kemudian merekrut seorang Aji Handoko sebagai Creative Director sekaligus otak bisnis dari brand Sepatu Compass.

Aji sendiri, awalnya bekerja sebagai penjaga toko bernama The Locker yang terletak di sebuah mall di Jakarta Selatan, namun karena ketertarikannya kepada mendesain sneaker Aji-pun sempat menjadi Creative Director di ARL Footwear sebelum akhirnya ditarik jadi Creative Director di Compass, dimana saat membangun Compass inilah Aji menumpahkan ide, merumuskan bahasa design yang tepat sampai menjalin relasi dengan para stake holder di dunia Sneakers Indonesia.

Sebagai Creative Director Compass, Aji melakukan rebranding keseluruhan. Mulai dari desain sepatu, hingga cara penjualan yang jitu namun dianggap kontroversial oleh beberapa pihak, apalagi kalau bukan keterbatasan jumlah Sepatu Compass yang dijual. Aji juga yang menjadi otak peremajaan silhouette klasis dibalik produk andalan sepatu Compass, ‘Gazelle’.

Mengandalkan kolaborasi, desain inovatif, dan penyampaian narasi brand yang tepat ke pelanggan, Compass pun melesat menjadi salah satu brand terdepan di skena sneakers lokal. Tidak satu kali pun peluncuran artikel Sepatu Compass sepi dari peminat. Mulai dari artikel Compass Proto 1 yang diperebutkan ratusan orang. Sampai kolaborasinya dengan dua brand denim lokal terkemuka Pot Meets Pop dan Old Blue Jeans sempat dibatalkan dikarenakan peminat yang begitu membludak.

Aji dan Sepatu Compass telah berhasil membuat sebuah movement, yang mengubah persepsi pasar yang sebelumnya sangat terpusat ke produk luar negeri, menjadi bangga oleh brand-brand dari Indonesia.

Sebagai sosok penting di perkembangan Industri sepatu lokal, Aji Handoko bukanlah orang yang sering muncul di publik. Namun baru baru ini Aji memutuskan untuk membuka semua “dapur” ide nya, dan turut mengedukasi para teman teman yang ingin berkembang sama seperti Sepatu Compass. Sebuah Talks selama dua hari bersama Inspigo, sebuah aplikasi podcast karya anak bangsa, akan segera digelar secara digital, pada tanggal 20 Mei 2020 dan 22 Mei 2020.

Disinilah Aji Handoko Purbo untuk pertama kalinya menguak apa saja ide dibalik aktivitas, desain dan perjalanan Sepatu Compass. Buat kalian yang penasaran ingin tahu mengapa brand ini begitu radikal, kalian bisa bergabung di kelas online Aji Handoko Purbo bersama Inspigo disini.