Best Game-Worn Air Jordan

Dari list tokoh paling ikonik di Basket, tidak mungkin nama Michael Jordan tidak disebut. Sepanjang karirnya pun sang legenda basket ini telah banyak bergonta-ganti sepatu signature nya yang kita kenal dengan Air Jordan.

Semua sepatu yang pernah dipakainya pasti memberikan cerita tersendiri untuk para penontonnya. Mulai dari Air Jordan 1 ‘Chicago’, rilisan sepatu pertama di lini Air Jordan, hingga Air Jordan 17, sepatu yang digunakan Michael Jordan saat comeback keduanya di NBA tahun 2002 silam. Berikut kami urutkan sepatu-sepatu terbaik yang pernah dipakai oleh seorang Michael Jordan dalam permainannya.

Air Jordan 1 Chicago

Sepatu signature shoe Michael Jordan pertama. Walaupun secara teknis Air Jordan 1 ‘Bred’ adalah sepatu pertama di lini Air Jordan, warna ‘Bred’ terpaksa harus diganti karena menyalahi aturan 51 persen NBA ( link ke ke artikel Aturan 51 persen). Air Jordan 1 ‘Chicago’ digunakan Jordan saat melawan Boston Celtics yang dipimpin oleh Larry Bird tahun 1986. Dimana Jordan berhasil memberi 63 poin untuk Bulls.

Air Jordan 2

Merupakan Air Jordan pertama yang tidak menggunakan logo swoosh khas Nike. Di desain oleh Bruce Kilgore, yang terkenal dengan lini Air Force 1 nya, sepatu ini digunakan Michael Jordan melawan Detroit Pistons tahun 1987. Dimana Jordan berhasil memberi 61 poin untuk Bulls.

Air Jordan 3 White Cement

Sepatu Air Jordan pertama yang didesain oleh Tinker Hatfield. Merupakan sepatu Air Jordan pertama juga dengan mid-cut design dan terdapat logo ‘Jumpman’ yang ikonik. Digunakan Michael Jordan di Slam Dunk Contest tahun 1988.

Air Jordan 4 Bred

Digunakan Michael Jordan saat momen legendarisnya ‘The Shot’, yang adalah game-winning shot melawan Cleveland Cavaliers di tahun 1989 pada Game 6 dari NBA Finals 1998.

Air Jordan 5 Fire Red

Pertama Rilis di tahun 1990, Air Jordan 5 Fire Red digunakan Michael Jordan pada 28 Maret di pertandingan antara Chicago Bulls dan Cleveland Cavaliers, dimana Michael Jordan berhasil memberikan 69 poin kepada Bulls. Menurut Nike, sepatu ini terinspirasi oleh salah satu pesawat tempur Amerika di Perang Dunia 2, P-51 Mustang

Air Jordan 6 Black/Infrared

Sering disebut jadi salah satu Air Jordan terbaik yang pernah diciptakan. Pertama kali dipakai Michael Jordan di All-Star Weekend di Charlotte pada tahun 1991, dan menjadi sepatu pertama yang digunakan Jordan di NBA Finalsnya, tepatnya di pertandingan melawan Lakers tahun 1991.

Air Jordan 7 Black/True Red

Menjadi sepatu pertama yang di lini Air Jordan yang sama sekali tidak mencantumkan logo Nike. Air Jordan 3-5 mencantumkan logo Nike di bagian belakang sepatu. Bahkan Air Jordan 2 pun, mencantumkan logo Nike dibagian bawah sepatunya. Merupakan sebuah gebrakan baru oleh lini Air Jordan. Digunakan Michael Jordan pada Final NBA keduanya melawan Portland Trailblazers tahun 1992.

Air Jordan 8 Playoffs ‘Black/True Red’

Menjadi salah satu bagian dari sejarah yang abadi, sesaat digunakan Michael Jordan dalam meraih gelar juara NBA 3 kali berturut-turut atau Threepeat pertamanya melawan Phoenix Suns tahun 1993.

Air Jordan 7 Olympic

Pada musim panas 1992, Michael Jordan dipilih menjadi perwakilan Amerika Serikat di Olimpiade 1992 cabang olahraga Basket, disebut juga sebagai ‘Dream Team’ karena terdiri dari pemain top NBA lainnya. Ini merupakan kedua kalinya Michael Jordan bermain bersama Dream Team, dan berhasil meraih medali emas.

Air Jordan X Double Nickel

AJdoublenickel

AJdoublenickel
AJdoublenickel

Dipakai Michael Jordan setelah kembali dari pensiun pertamanya, melawan New York Knicks di Madison Square Garden. Dimana Michael Jordan yang menggunakan nomor 45 berhasil memberikan 55 poin untuk Chicago Bulls.

Air Jordan XI Concord

Pertama dipakai Michael Jordan saat NBA Playoff tahun 1995 melawan Orlando Magic. Tinker Hatfield, yang mendesain sepatu ini, menyarankan Jordan untuk tidak menggunakannya karena pada saat itu, sepatu ini belum siap untuk dijual ke pasar. Namun Michael Jordan yang menyukainya tetap memakainya. Michael Jordan membuat sepatu ini ikonik di musim 95-96. Selain memakainya di film Space Jam, ia bahkan berhasil menginspirasi rekan-rekan satu timnya untuk mulai memakai sepatu Air Jordan XI juga.

Air Jordan XVII

Sepatu yang digunakan Michael Jordan sesaat Jordan kembali dari Pensiun keduanya setelah bergabung dengan Washington Wizards pada 2001. Sepatu ini didesain oleh Wilson Smith, mengambil inspirasi dari musik Jazz dan desain interior mobil mewah Aston Martin.

Air Jordan XI ‘Bred’

Sepatu Air Jordan XI adalah sepatu favorit sang legenda. Michael Jordan, yang lebih sering menggunakan Concord di musim reguler 95-96, memutuskan untuk memakai ‘Bred’ di musim playoff untuk menakutkan musuh. Sepatu ini dipakainya saat ia memenangkan NBA Finals keempatnya tahun 1996 melawan Seattle Supersonics yang bertepatan pada ‘Father’s Day’. Ini merupakan pertama kalinya Michael Jordan merayakan kemenangan tanpa kehadiran sang ayah, yang meninggal tertembak pada tahun 1993. Foto Michael Jordan menangis di ruang ganti menggunakan Air Jordan XI ‘Bred’ menjadi salah satu foto paling ikonik yang menunjukkan sisi sentimental seorang Michael Jordan.

Air Jordan XII ‘Flu Game’

Digunakan Michael Jordan saat memenangkan NBA Finals yang kelima tahun 1997 melawan Utah Jazz. Flu Game merupakan salah satu momen paling ikonik Jordan. Di dalam game 5 NBA Finals, Michael Jordan yang terlihat sakit berhasil memberikan 38 poin untuk mengantar Chicago Bulls ke kemenangan.

Air Jordan XIII ‘Bred’

Selain digunakan Michael Jordan saat mendominasi musim Playoff 1998, sepatu ini juga digunakan Michael Jordan saat All Star Game tahun 1998.

Air Jordan XIV ‘Last Shot’

Digunakan Michael Jordan saat memenangkan Three-peat keduanya pada tahun 1998 melawan Utah Jazz. Jazz yang saat itu unggul satu poin dari Bulls dengan sisa 5.2 detik dipaksa untuk menerima kekalahan oleh Michael Jordan dengan game-winning shotnya. Merupakan salah satu momen paling ikonik dari seorang Michael Jordan.

 

Photo sources : The Undefeated, Pinterest, Airjordan.com, Another Nike Bot, Sneaker News, Sole Collector, Complex, Sports Illustrated, Kicks on fire, Nice Kicks,