Tak diragukan lagi, pengaruh Michael Jordan ke Pop Culture yang kita kenal saat ini sangatlah besar. Dari segi olahraga sendiri, mungkin pemain-pemain seperti Kobe Bryant juga tidak akan selegendaris sekarang jika bukan karena pengaruh Michael Jordan. Dari segi fashion, tidak akan ada Air Jordan yang sangat digemari oleh banyak pecinta Sneakers, yang mungkin mempengaruhi mereka untuk menjadi sneakerhead di awalnya. Bahkan mungkin tidak akan ada komunitas sneakerhead se-masif sekarang ini jika bukan karena Michael Jordan dan Air Jordannya.

Kanye West, pelopor dari brand sneaker YEEZY mengatakan bahwa 6 tahun dimana Michael Jordan memenangkan NBA Finals merupakan masa-masa terbaik di hidupnya. Drake, rapper asal Kanada yang juga adalah pelopor dari October’s Very Own (OVO) bahkan menciptakan lagu berjudul ‘Jumpman’, menceritakan tentang hubungan dekat antara Drake dan Michael Jordan.

Sepanjang karirnya, Michael Jordan telah 6 kali memenangkan NBA Finals. Setiap momen pun menjadi momen legendaris yang sangat ikonik untuk semua orang. Mulai dari NBA Finals pertamanya di 1992 hingga Last Shotnya di 1998, berikut adalah list sneakers yang pernah dipakai Michael Jordan di NBA Finals.

Air Jordan 6 Black/Infrared

NBA Finals 1991 Chicago Bulls vs. Los Angeles Lakers
Merupakan NBA Finals pertama untuk Michael Jordan melawan Los Angeles Lakers yang dipimpin oleh Magic Johnson. Bulls berhasil mengalahkan Lakers di 5 game berturut-turut.

Source: Getty Images
Air Jordan 7 Black/True Red

NBA Finals 1992 Chicago Bulls vs. Portland Trailblazers
Final kedua Michael Jordan, dimana Bulls berhasil meraih gelar dengan mengalahkan Trailblazers 6 game berturut-turut.

Source: Getty Images
Air Jordan 8 Black/True Red

NBA Finals 1994 Chicago Bulls vs. Phoenix Suns
Di Final ketiganya, Chicago Bulls dan Michael Jordan berhasil meraih Three-peat (Kemenangan di Final tiga tahun berturut-turut) dengan mengalahkan Phoenix Suns.)

Source: Getty Images
Air Jordan 11 Bred

NBA Finals 1996 Chicago Bulls vs. Seattle Supersonics
Michael Jordan berhasil memberikan gelar kepada Bulls sesaat setelah pensiun ‘sementara’ nya di tahun ke 1994-1995.

Source: Getty Images
Air Jordan 12 Bred “Flu Game”

NBA Finals 1997 Chicago Bulls vs. Utah Jazz
Di Final ke 5 Michael Jordan, dia berhasil memberikan gelar kepada Bulls setelah mengalahkan Utah Jazz. Di Game 5 NBA Finals 1997 juga merupakan salah satu momen ikonik dari Michael Jordan, atau “Flu Game” dimana Jordan yang pada saat itu sedang mengalami penurunan kondisi fisik atau simptom yang mirip dengan flu berhasil memberikan 38 poin kepada Bulls.

Source: Getty Images
Air Jordan 14 “Last Shot”

NBA Finals 1998 Chicago Bulls vs. Utah Jazz
Musim ini, Bulls kembali bertemu dengan Jazz di NBA Finals. Walaupun Jordan memakai 2 sepatu di Final ini, Air Jordan 14 “Last Shot” dinilai lebih ikonik karena terkenal dengan ‘game-winning last shot’ Michael Jordan.

Source: Pinterest

Kegemilangan Jordan di era kejayaannya bisa kita tonton juga lho sekarang apabila teman teman berlangganan Netflix. The Last Dance yang meliput kejayaan Michael Jordan era 90an banyak dinanti oleh penggemar basket dan penggemar sneakers. Kira kira siapa yang sudah ngga sabar nonton episode terbarunya ?