Dua Raksasa dari Era Berbeda

Semenjak Nike mengontrak Michael Jordan di tahun 1984, dan dirilisnya Air Jordan 1 di 1985, lini brand Air Jordan telah menjadi salah satu raksasa di dunia Sneaker dan Fashion. Setelah 35 tahun dari game terakhirnya, Jordan dikabarkan menerima 130 Juta USD dari brand endorsement Jordan sendiri, menjadikannya salah satu atlet terkaya sepanjang masa.

Sementara itu YEEZY, sebuah lini brand yang diciptakan Kanye West bersama Adidas pada 2015, setelah memutuskan kontraknya bersama Nike di tahun 2013 sebelumnya karena menurut West, Nike hanya memberikan royalti kepada atlet dan tidak memberikan royalti kepada artis. Koleksi pertama YEEZY diluncurkan pada 2015 dan langsung sold out diborong para pembeli.

Tak lama kemudian, YEEZY digadang sebagai brand yang akan menggantikan Jordan. Dengan punuh percaya diri Kanye pun sempat menuliskan pendapatnya secara kontroversial di lagu ‘Facts’, menuliskan bahwa ‘YEEZY just jumped over Jumpman’, atau YEEZY sudah melangkahi Jumpman (sebutan lain Air Jordan). Lalu, apakah YEEZY telah melangkahi posisi Air Jordan sebagai brand sneaker paling digemari di dunia?

Secara kuantitas, YEEZY lebih melakukan pendekatan eksklusif, memproduksi sepatu dengan jumlah angka yang jauh lebih rendah dibandingkan Jordan pada awal peluncurannya. Hal ini, berpengaruh ke harga resell price brand YEEZY yang meroket. Menurut Complex, harga resell dari YEEZY 750 menyentuh angka sebesar $2,987 USD.

Beberapa tahun kebelakang ini, Jordan pun mulai memberikan batasan kuantitas sepatu yang diproduksinya. Harga resell lini Jordan seperti Jordan 1 Retro High Igloo bahkan menyentuh harga $5,501 menurut StockX. Disisi lain, secara harga retail, YEEZY termahal dipegang oleh YEEZY 750, sama dengan harga retail termahal Jordan yaitu Jordan Just Don x Air Jordan 2 dengan harga $350.

Penjualan overall Jordan-pun sebenarnya lebih tinggi dari YEEZY, dengan total $30,000,000 dimana YEEZY baru menjual sejumlah $20,000,000. Kanye West sendiri, yang memiliki 100% hak kepemilikan dari Brand YEEZY secara net worth baru bernilai sekitar $1.3 Miliar USD, sedangkan Jordan yang hanya mendapatkan sistem royalti dari penjualan Air Jordan bernilai $2.1 Miliar USD.

Yang menjadi perdebatan, adalah bagaimana keberadaan Air Jordan yang lebih banyak muncul di dunia fashion ketimbang YEEZY. Hal ini menyebabkan YEEZY belum dapat ‘melangkahi’ Jumpman seperti yang Kanye tulis dalam lagu ‘Facts’.

5 tahun dari rilis koleksi pertamanya, YEEZY masih tetap digemari oleh banyak sneakerhead dari seluruh dunia, hampir setiap koleksi yang dirilis pun terus habis dan dijual ulang dengan harga yang tinggi. Pertanyaan terbesar, ‘mungkin kah Jumpman akan dilangkahi oleh YEEZY di masa depan?’ hanyalah sesuatu yang hanya bisa dijawab oleh waktu.