Daniel Arsham, Seniman Masa Depan

Berbicara tentang seniman, tidak banyak seniman yang bisa membentangkan karyanya lebih dari lukisan atau instalasi. Belakangan ini para seniman tidak hanya berekspresi lewat medium yang umumnya dikerjakan, tapi juga lewat fashion, dan salah satu yang bisa melakukan hal ini adalah Daniel Arsham.

Daniel Arsham adalah seorang artist seni kontemporer yang menggabungkan elemen-elemen seperti arsitektur dan performance art sebagai tema utama dalam seni nya. Inovatif, adalah kata yang lebih tepat untuk menggambarkan tipe seni Arsham. Ketidak Inginannya untuk bergantung pada satu medium atau satu sumber inspirasi dan lebih ke memanfaatkan medium yang ada untuk mengekspresikan dirinya dalam karya-karyanya, entah dalam bentuk patung, instalasi seni, adalah caranya berkarya. Satu hal yang sukses ia sentuh adalah Fashion

Source https://www.lofficielusa.com/

Selai itu, Daniel Arsham juga seorang visioner. Konsep ‘Future Relic’ yang dia kukuhkan sebagai gayanya berkarya, adalah gambaran akan fosil di masa depan. Daniel Arsham ber-ide akan seperti apakah fosil atau peninggalan yang ada didunia ini di tahun 3020 nanti. Penggambaran dari sebuah barang yang begitu bernilai di masa sekarang, bisa kehilangan nilai-nilai itu sepenuhnya di masa depan, dan hal ini seakan mengingatkan kalau materi hanya bersifat sementara, inilah yang membuat Daniel Arsham sangat berbeda dari artis lainnya.

Source: Pinterest

 

Source: artsy.com
‘Disembodied Futurism’ kata yang digunakan oleh Highsnobiety untuk menjelaskan seni Daniel Arsham, kilasan dunia dimana masa lalu, masa kini, dan masa depan berada bersamaan.
Source Artnet.com

Arsham mendirikan Snarkitecture, sebuah studio design di New York bersama partnernya, Alex Mustonen pada tahun 2008 dan dari sanalah lahir karya-karya seorang Daniel Arsham sehingga dapat menjadi salah satu seniman yang influential seperti yang sekarang dikenal banyak orang.

Dengan melakukan kolaborasi bersama nama-nama besar lintas industri seperti Dior, KITH, Adidas, Hajime Sorayama, Disney, Rimowa, dan yang akan datang bersama Uniqlo, Arsham terus berinovasi, dan aktif mencari medium baru untuk menciptakan karyanya. Dengan demikian, mengokohkan posisinya sebagai salah satu artist terbaik di masa kini.

Source: Uniqlo