Batik & Sneakers, Kenapa Nggak?

Batik adalah sebuah teknik penggambaran motif di kain yang turun-temurun menjadi identitas bangsa Indonesia. Banyak daerah di Indonesia pun yang memiliki gaya dan teknik membuat batiknya sendiri-sendiri, menjadi salah satu penyumbang utama dan paling besar ke Indonesia yang kaya akan budaya ini. Singkatnya, batik adalah sesuatu yang bisa dibilang ‘Indonesia banget deh’.

Source: shutterstock

Motif dan style baju batik juga terus berubah seiring dengan perkembangan waktu, dimana batik yang awalnya dipandang sebagai sesuatu yang formal, sekarang juga mulai dibuat casual untuk penggunaan sehari-hari. Lantas, banyak juga orang yang mencoba untuk mix and match batik dengan sneakers untuk look yang casual. Mungkin hal ini sudah sering kalian dengar, mengingat ini sebagai sebuah tema yang cukup sering menjadi perdebatan di masyarakat. Menjawab itu, kira-kira bisa nggak sih kita pair sneaker kita sama batik?

source: unsplash

Mix and match batik bisa menjadi sebuah hal yang tricky dan bisa jadi bagus atau tidak jika tidak dipadukan dengan baik.

Untuk bisa memadupadankan look ini dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan teliti seperti menentukan tipe batik yang tepat atau pemilihan warna sneaker yang akan dipakai. Karena nggak semua batik bisa dipadu padankan dengan sneakers sehingga motif, model, dan warna batik harus disesuaikan dengan sneakers agar pilihan outfit yang digunakan bisa bersifat saling melengkapi.

Biasanya batik dengan warna lebih gelap akan lebih mudah untuk di mix and match dengan sneaker agar tidak terlalu mencolok. Tipe batik yang digunakan pun harus bersifat semi-formal agar tidak temanya sesuai dengan sneakers. Pemilihan warna sneakers yang netral juga dapat membantu agar bisa lebih disesuaikan dengan batik yang digunakan. Biasanya, sneakers berwarna hitam atau putih akan lebih mudah masuk ke tema outfit semi-formalnya batik.

Sementara bagaimana dengan kalian, apakah batik dan sneakers juga ikut mengisi hari hari kalian.