Apabila kamu berfikir Air Max Day sudah ada begitu lama, maka itu kurang tepat. Tau ngga bahwa Nike Air Max Day sendiri baru dimunculkan oleh Nike di tahun 2014. Air Max Day sendiri diciptakan oleh Nike, untuk merayakan salah satu sneaker paling ikonik mereka yaitu Air Max, dimana Air Max tanpa diduga duga memiliki tempat sendiri di hati para penggemar Sneaker.

Tau ngga bahwa Nike Air Max Day sendiri baru dimunculkan oleh Nike di tahun 2014.

Perayaan Air Max Day pertama kali muncul di tahun 2014 pada tanggal 26 Maret 2014 dengan diluncurkannya Air Max 1 Air Max Day 26 3, sebuah Air Max 1 yang mirip sekali dengan Air Max 1 OG hanya saja ia menggunakan midsole berwarna Volt dan tanggal 26 3 26 Maret)  yang menandakan bulan Maret, terjahit di bagian lidahnya,

 

Pada tahun 2015 Nike juga merelease sesuatu yang spesial, Air Max Zero. Sepatu ini lahir dari sketsa Tinker Hatfield yang sebelum membuat sketsa Air Max 1, dia terlebih dahulu membuat sketsa sepatu yang menjadi ide awal Air MAx 1, sepatu ini di release pada tahun 2015 dengan nama Air Max Zero. Perayaan release ini dilakukan tidak hanya di kota kota metropolitan besar tapi juga di beberapa kota kota kecil di seluruh dunia.


Berbeda dengan 2015, gak tanggung tanggung Nike langsung me-release beberapa sepatu di tahun 2016. Satu koleksi bernama HTM yang diambil dari nama tiga tokoh didunia sneaker yang sangat ternama yaitu Hiroshi Fujiwara (Fragment Design), Tinker Hatfield (Designer Air Max), dan Mark Parker (CEO Nike), berisi 3 sepatu diluncurkan, Air Max LD Zero, Air Max 90 Superfly, dan Air Max Ultra M. Bersamaan dengan ini Dokumentasi Master of Air sebuah film pendek tentang Air Max kolektor juga diluncurkan oleh Nike.

 

Lain dengan 2017, dimana tahun ini merupakan selebrasi 30 Tahun Air Max. Untuk merayakannya Nike meluncurkan sebuah sepatu running / lifestyle bernama Vapormax yang diklaim sebagai sepatu Nike pertama yang menggunakan Air Unit Bubble sepenuhnya sebagai Midsole dan Outsole. Campaign Vapormax dilakukan secara besar besaran dimana G Dragon, seorang penyanyi dan musisi Korea, dijadikan sebagai ikon Vapormax. Untuk menemari Vapormax, Nike pun kembali meluncurkan Air Max 1 Atmos Elephant Print yang juga ikonik.

 

Nama besar Sean Wotherspoon, seorang pedagang baju second di LA, tidak bisa lepas dari Air Max Day 2018. Dimana ditahun ini Nike mengadakan kompetisi design On Air, dan design Wotherspoon berhasil memenangkan kompetisi tersebut. Inilah momen yang melahirkan salah satu Air Max paling ikonic di 2018 Air Max 1/97 Sean Wotherspoon. Kemenangan Wotherspoon mengembalikan relevansi Nike ke publik dimana kini orang biasa percaya bahwa siapapun bisa meraih mimpinya.

Menemani kegemilangan Wotherspoon, Nike meluncurkan Air Max 270, Vapormax 2.0, dan Air Max 180.

 

Teman teman yang datang ke JSD (Jakarta Sneaker Day) 2018 pasti gak akan bisa lupa dimana untuk mendapatkan Nike Airmax 1/97 Sean Wotherspoon, teman teman harus membeli terlebih dahulu Air Max 270 di JSD kala itu, dan menyebabkan begitu banyaknya orang yang memakai Air Max 270. Hal ini tersorot ke mata beberapa penggemar Air Max didunia dimana ternyata, Indonesia terlebih dulu merelease AM 270 ketimbang negara lain.

Gak puas dengan Air Buble Unit penuh di Vapormax, Nike merayakan Air Max Day 2019 dengan meluncurkan air bubble unit terbesar yang pernah dipakai di sebuah sepatu, Air Max 720 pun diluncurkan. Gak main main memang sepatu ini mengandung air unit terbesar dimana keseluruhan silhouette nya mengadopsi design chunky shoes.

 

Tibalah kita di 2020. Tahun yang begitu luar biasa dimana seluruh dunia sedang menghadapi masalah yang sama Virus Covid 19, tapi ini tidak menghentikan Air Max Day untuk dirayakan. Walaupun kita harus merayakannya dari rumah masing masing karena kewajiban social distancing, untuk mengurangi penularan virus berbahaya ini, Nike meluncurkan air max yang sudah lama tidak diluncurkan, Air Max 90 Duck Camo Atmos. Silhouette Air Max 90 dipilih karena 2020 merupakan perayaan 30 tahun Air Max 90, dan salah satu yang paling berkesan adalah Air Max 90 Duck Camo Atmos.

 

Menemani release-an tersebut Nike turut merelease Air Max 2090 dimana pada silhouette tersebut terdapat versi Duck Camo Atmos-nya juga. Direncanakan untuk release di 26 Maret 2020 di Atmos yang kini telah membuka cabangnya di Indonesia, sepatu ini dihargai dengan retail price sebesar Rp 2.389.000.

Jika kalian adalah penggemar sepatu maka paling tidak ada satu Air Max jenis apapun yang terdapat di dalam koleksi kalian. Mari kita rayakan sepatu yang iconic ini dari tempat tinggal masing masing.

Mari kita bagi cerita kita tentang air max, dan stay safe, stay healty.